Komunitas

09 Mei 2016 Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren

 



Ketika Menghadapi Kesulitan; Komunitas Adalah Jaring Pengaman Anda

Bacaan Hari ini:

Roma 12:15 "Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!"

Ketika mengalami penderitaan dalam hidup, Anda butuh orang-orang yang mau menangis bersama Anda.

Ada situasi-situasi yang tidak seharusnya dilalui seseorang seorang diri. Seharusnya tak ada seorang pun yang harus menunggu di rumah sakit sendirian sementara orang yang dicintainya tengah berjuang dalam operasi hidup dan mati. Seharusnya tak ada seorang wanita pun yang harus menunggu sendirian hasil pemeriksaan kehamilannya yang bermasalah. Seharusnya tak ada seorang pun yang harus menunggu sendirian kabar dari medan perang. Seharusnya tak ada seorang pun yang harus berdiri sendirian di tepi liang kubur yang terbuka. Seharusnya tak ada seorang pun yang harus menghabiskan malam pertamanya sendirian karena pasangannya meninggal atau melarikan diri.

Tetapi faktanya adalah, beberapa dari perkara ini akan terjadi pada Anda.

Hal-hal ini tidak dapat terelakkan.

Anda akan mengalami tragedi.

Anda akan mendapat berita buruk.

Anda akan mengalami sakit hati.

Hanya orang bodoh yang akan menjalani hidupnya tanpa persiapan sama sekali untuk menghadapi sesuatu yang ia tahu pasti akan terjadi. Inilah waktunya Anda membangun jaring pengaman Anda - sebuah jaringan yang berisikan orang-orang yang mendukung dan juga teman-teman Anda.

Apa yang dimaksud dengan jaring pengaman Tuhan?

Sekelompok orang percaya. Anda tidak perlu seratus orang. Cukup lima atau enam orang - sekelompok orang percaya yang berkomitmen dengan Anda.

Pernah ada seorang pria yang datang ke Gereja Saddleback tujuh tahun lamanya. Dia hanya duduk di bangku, tak pernah terlibat dalam pelayanan apa pun, tak pernah bergabung dengan persekutuan kecil. Dia hanya datang menyembah Tuhan, kemudian pulang segera setelah kebaktian usai. Suatu hari ia mengalami serangan jantung dan dirawat di rumah sakit selama dua minggu. Saat itu saya tengah bepergian dan baru mendengar kabar itu setelah saya kembali. Ketika ia keluar dari rumah sakit, ia datang ke gereja dan berkata, "Saya mau keluar dari gereja ini." Saya bertanya, "Mengapa?" Jawabnya, "Karena tidak ada yang mengunjungi saya di rumah sakit." Saat ia meninggalkan saya, pikir saya, "Itu salahmu!"

Dia tidak pernah peduli dengan siapa pun, kecuali dirinya sendiri. Dia tidak pernah peduli, bahkan untuk berkumpul dengan jemaat lainnya. Dia tidak pernah bergabung dalam persekutuan, tidak pernah memberi, tidak pernah berbagi. Itulah salahnya hingga ketika kesulitan datang, tak seorang pun ada di sana untuk dia, karena dia tidak pernah membangun koneksi dengan sesama orang percaya lainnya.

Itu bukan cara yang Tuhan ingin untuk kita menjalani hidup. Ini yang Dia mau: "Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!" (Roma 12:15).

Komunitas adalah jawaban Tuhan atas keputusasaan.

Anda diciptakan untuk berbagi hidup Anda dengan orang lain! Sekaranglah waktunya bagi Anda untuk menemukan orang-orang yang akan mendukung Anda menjalani kehidupan ini, mereka yang akan bersukacita dengan Anda di dalam kemenangan Anda, dan menangis di dalam penderitaan Anda.

Renungkan hal ini:

Kegalauan apa yang menahan Anda untuk bisa bersukacita dengan orang lain di dalam sukacita mereka atau menangis di dalam kesedihan mereka?

Menurut Anda mengapa begitu banyak orang yang tidak mau berkomitmen dengan waktu mereka untuk membangun relasi-relasi di dalam gereja?

Siapa saja di dalam persekutuan kecil atau keluarga gereja Anda yang saat ini membutuhkan Anda untuk berjalan bersama mereka melewati pergumulan mereka?

Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk mendorong mereka?

Komunitas adalah jawaban Tuhan atas keputusasaan. Anda diciptakan untuk berbagi hidup Anda dengan orang lain!

Back